Selasa, 14 Juni 2011

Manajemen Pemasaran


Sesi 1 Konsep Marketing
Ringkasan oleh Tri Kusumawati
MDP 1 Bukopin
Bogor, 14 Juni 2011


Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, pertukaran produk dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Sedangkan menurut Philip Kotler  pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.


Komponen Organisasi bisnis terdiri atas :
1.      Produksi
2.      Keuangan
3.      Administrasi
4.      Marketing


Fungsi dari marketing yaitu untuk memasarkan dan branding dimana pada bagian ini dibutuhkan jumlah karyawan yang lebih banyak daripada bagian lainnya. Mengapa pada bagian marketing dibutuhkan jumlah karyawan lebih banyak? Alasannya karena adanya jumlah konsumen yang begitu banyak dimana dalam berhubungan dengan konsumen tidak selamanya dapat menggunakan mesin (media telekomunikasi). 


Dalam pemasaran apa pun dapat dipasarkan seperti:
  •  Produk yang merupakan hasil dari suatu produksi
  • Jasa seperti industri perbankan yang menawarkan pelayanan dari kepercayaan konsumen
  • Pengalaman, contohnya out bond
  • Acara, contohnya promosi suatu acara seperti acara pernikahan, Job fair
  • Orang, kegiatan ini lebih mengutamakan bagaimana mempromosikan kemampuan seseorang contohnya seperti penceramah, olahragawan.
  • Tempat, menawarkan tempat-tempat yang menjanjikan profit yang menguntungkan dan tempat-tempat yang dapat digunakan untuk hunian dan pelaksanaan suatu acara. Contohnya: tempat perbelanjaan, gedung resepsi.
  • Properties, misalkan menawarkan surat-surat berharga
  • Organization, menawarkan saran-saran bagaimana membangun suatu organisasi
  • Information, menawarkan info yang memiliki manfaat untuk individual ataupun lembaga

Setelah mengetahui definisi dari pasar dan apa saja yang dapat dipasarkan, kita juga perlu mengetahui konsep inti dalam pemasaran.  Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.          


Selain hal diatas kita juga harus mengetahui hal penting sebagai berikut:
1  Marketing adalah sebuah proses
Proses membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan agar mereka puas dan untuk membuat mereka datang kembali

2.  Supply chain
    Bertujuan untuk memenuhi permintaan pelanggan melalui penggunaan sumber daya yang paling efisien, termasuk kapasitas distribusi, persdiaan, dan sumber daya manusia. Supply Chain dimulai dari penyediaan bahan baku untuk komponen sampai produk akhir yang akan dibawa  ke pembeli terakhir.   
    
3.  Marketing Channel
     a. Saluran komunikasi
     b. Saluran penjualan
     c. Saluran distribusi

4. Kompetisi
  • Persaingan merek  adalah produk-produk atau jasa yang bersaing secara langsung menawarkan hal yang sama. Misalnya Teh Botol Sosro dan Fres Tea. Merek yang baik mempunyai nilai merek yang tinggi. Merek mempunyai nilai merek lebih tinggi jika mempunyai loyalitas merek, kesadaran merek, anggapan mutu, asosiasi merek lebih tinggi. Merek dengan nilai merek yang kuat merupakan asset yang amat berharga. Sehingga jika suatu barang memiliki nilai merek yang tinggi maka produk  tersebut akan lebih bersaing dipasaran.
  • Persaingan industri adalah persaingan dalam satu industri, tidak hanya satu produk saja. Misalnya Teh Botol Sosro industrinya tidak hanya industri teh dalam botol, tetapi semua industri minuman. Karena itu pesaingnya adalah juga Coca Cola, Aqua, dan lain-lain.
  • Persaingan Bentuk adalah adalah persaingan dalam bentuk produk yang sama. Misalnya persaingan antara Teh Botol Sosro dengan Susu Ultra, Yogurt, dan lain-lain.
  • Persaingan generik  Adalah persaingan umum pada semua industri, misalnya antara Teh Botol Sosro dengan Sari Roti, dan lain-lain.
  • Lingkungan Pemasaran adalah suatu totalitas dari kekuatan-kekuatan serta keadaan-keadaan yang mempengaruhi pemasaran dari produk tertentu. Terdiri dari empat lapis yaitu extra environment, macro environment (ekonomi, teknologi, dan budaya), market environment (purchasing power, needs, and wants buying habits), Organization environment (company channel and agents)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar