Minggu, 19 Juni 2011

Chocolate Wars


Sesi 3, Marketing Class MDP 1
Chocolate Wars
Resumed by Tri Kusumawati
Lecturer Ujang Sumarwan

Kalimat Inspiratif
            Menjadikan suatu tantangan yang ada sebagai peluang untuk meraih kesuksesan dan menciptakan impian menjadi nyata.

Produk
Awal sejarah Milton Hershey Snavely mendirikan perusahaan cokelat pada tahun 1894. Produk yang dijual oleh perusahaan Hersley yaitu pada tahun 1907, Hersley memperkenalkan permen baru, kecil datar berbentuk potongan-potongan cokelat yang diberi nama Hershey Kiss,  kemudian produk berkembang terus yaitu adanya produk Snickers, Three musketeers. Dan produk yang sangat inovatif yaitu produk Desert Bar yang merupakan cokelat yang tidak meleleh pada suhu 140 derajat Farenheit dan dijadikan untuk konsumsi tentara amerika yang berperang. Sedangkan Mars awalnya menjual nugat dimana bahan baku cokelat tersebut berasal dari perusahaan Hershey. Namun semakin mapannya perusahaan Mars akhirnya Mars memutuskan hubungan kerjasama tersebut dan terus mengembangkan produk cokelatnya yaitu salah satu produknya yang sangat terkenal adalah M&M.

Price
Baik perusahaan Hershey maupun Mars memiiliki inovasi yang mampu menekan biaya produksi sehingga mampu menjual dengan harga yang lebih murah. Namun dalam tayangan yang telah disimak, perusahaan Hershey lebih pada kualitas sehingga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Mars yang lebih pada kuatitas. Harga cokelat Hershey pun terus meningkat akibat adanya kenaikan harga nikel.

Distribusi
Distribusi yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut mampu menjangkau seluruh aspek masyarakat di USA. Bahkan awalanya Hershey mendistribusikan cokelat mereka ke tentara USA yang sedang berperang namun akibat adanya konsolidasi mengakibatkan Mars berhasil mangambil alih pasaran untuk tentara USA yang sedang berperang. Dan selain itu Hershey mendistribusikan sampel gratis di lokasi-lokasi seperti pusat perbelanjaan.


Promosi
Awalnya Hershey melakukan pemasaran secara tradisional. Berbagai perubahan dalam proses produksi menghasilkan kuantitas yang makin besar. Dibutuhkan pemasaran yang lebih agresif dan lebih cepat. Untuk mempercepat dan memperkenalkan coklat pada masyarakat Amerika, perusahaan ini akhirnya menggunakan iklan secara besar-besaran di Televisi dan investasi pada film-film di USA. Sedangkan Mars lebih pada promosi melalui iklan dimana iklan tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga memiliki daya tarik bagi anak kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar